Friday 11 April 2014

TINGKATAN SEORANG HACKER

Assalamu'alaikum wr wb.Salam sejahtera  Agan2 sekalian. postingan kali ini membahas masalah tingkatan seorang hacker berdasarkan keahliannya, persepsi yang sudah berkembang di masyarakat, khususnya yang awan tentang IT. kalo dengar kata HACKer pastilah fikirannya udah banyak negatifnya. hehe.. iya kan?   Itulah salah kaprah yang sudah mendunia, bahwa semua hacker pastilah pelaku kriminal (bobol bank, hack kartu kredit/carding, curi program rahasia/project rahasia di perusahaan lain, ngacak2 komputer orang, dll) yang sebenarnya lebih pantas disebut dengan istilah CRACKer.  Ok, gak usah banyak cing cong, semoga dengan postingan ini bisa membuka persepsi agan2 tentang definisi hacker yang sebenarnya. Selamat membaca

Kata Hacker mungkin sudah tidak asing lagi di era teknologi modern saat ini. Peretas atau juga disebut hacker (dalam bahasa inggris) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. Pada beberapa kasus, hacker biasanya diidentikkan dengan hal-hal yang bersifat kriminal di dunia maya (cyber crime). Level hacking (peretasan) dikelompokkan pada tingkat kesulitan pada tiap-tiap aktivitas peretasan tersebut. Ada 5 level atau tingkatan Hacker yang dikategorikan dari segi kemampuan meretas sebuah sistem. Berikut penjelasannya.
hacker
1. Lamer
Lamer adalah level hacker tingkat dasar. Pada level ini, hacker menggunakan perangkat lunak trojan, nuke, dan DoS. Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan (terutama pengetahuan tentang pemrograman) yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka.
2. Script Kiddie
Seperti juga Lamer, pada level ini mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI (Graphic User Interface) . Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan pengguna Internet.
3. Developed Kiddie
Level Developed Kiddie ini biasanya aktif mempelajari dunia hacking. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil. Umumnya mereka masih menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
4. Semi Elite
Pada Level ini, hacker mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi termasuk kelemahannya(vulnerability). Biasanya mereka memiliki sebuah program yang dipakai untuk mengeksploitasi sebuah sistem. Banyak publikasi serangan yangd dilakukan oleh hacker tingkat ini.
5. Elite
Ini adalah level tertinggi dari seorang hackerHacker Elite merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan komputer. Kebanyakan dari mereka (tidak selalu) berprofesi sebagai IT (sistem administrator), sistem analis,dan developer software. Yang bertugas memaintain jaringan komputer dan sekaligus melindunginya dari serangan serangan yang dapat merusak sistem di tempat mereka bekerja, mereka memahami sistem operasi sampai luar dalam, mampu mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global, baik wire connection maupun wirelless connection. Mampu menganalisis penyebab gangguan koneksi jaringan komputer dengan cepat. Mereka biasanya efisien & terampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat (memiliki kemampuan alami / mahir dalam membuat program komputer). Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada (kode etik dari seorang hacker). Ketika menemukan celah keamanan dalam sistem yang berhasil mereka masuki, biasanya mereka akan memberitahukan kepada administrator jaringan mengenai kelemahan2 (vulnerability) dan cara cara untuk menambal keamanan dari sistem. Mereka bukan tipikal orang2 yang menyombongkan diri dengan memamerkan/mempublikasikan keahliannya (semisal : eh, gue bisa masuk servernya situs ini nih...www.gakjelas.com, gue deface tu situs kaya yg dilakuin wildan sama situsnya presiden SBY, sambil koar2 di dunia maya, pasang status di media sosial, dll). Kebanyakan mereka low profile, gak banyak omong, tapi ... skill programmingnya Ciamik bro !!!, sepertinya mereka memang terlahir untuk menjadi seorang hacker sejati :)
___________________________________________
Itulah 5 level atau tingkatan dalam dunia hacker. Di level manakah Anda?
Hacker bukan sekedar kemampuan untuk membobol sebuah sistem kemudian mengacak-acak isi didalamnya. Namun kreatifitas dan kemampuan “menganalisa” sebuah sistem yang tidak dimiliki semua orang. Jika Anda mempunyai kemampuan hacking, gunakanlah ilmu Anda untuk hal-hal yang positif. kasian hacker yang baek2 seperti saya, jadi ikut kena getahnya. hehe :)
Wallahu A'lam bi shawab
Dari berbagai macam sumber

No comments:

Post a Comment